Beberapa praktisi SEO saat ini menganggap SEO sebagai industri yang tidak bergerak yang tidak menunjukkan perubahan dalam hal proses internal dan teknis. Mereka juga mengatakan bahwa beberapa teknik SEO yang ada tiga tahun lalu masih digunakan, terlepas dari apakah ini masih membantu dalam pengoptimalan atau tidak. Dalam beberapa kasus, teknik usang yang masih ada sekarang diciptakan sebagai teknik Black Hat, yang dibenci oleh para profesional White Hats.
Penulis ahli, blogger, dan analis di Web telah menyatakan prediksi awal mereka tentang metode SEO terbaru yang akan terus mendominasi tahun mendatang. Metode ini telah menjadi yang teratas sejak 2010. Namun, orang menganggap prediksi ini tidak lain adalah prediksi dan teknik yang sama yang kami gunakan sejak industri ini lahir, menyimpulkan bahwa SEO tidak memiliki masa depan dalam hal peningkatan metode.
Di sisi lain, sekumpulan besar ahli berpikir bahwa ‘perbaikan’ adalah kekuatan terkuat SEO untuk bertahan di pasar. Beberapa industri seperti PPC dan MLM telah berhenti berkembang dalam hal meningkatkan proses internal mereka untuk memperluas ceruk mereka, sampai-sampai metode mereka telah mendapatkan popularitas negatif dari orang-orang.
Skema piramida, yang kemudian disebut sebagai penipuan piramida, telah tumbuh di mana-mana di pasar dan kemudian menyebabkan kejatuhan besar-besaran bisnis pemasaran jaringan. SEO, di sisi lain, telah mengambil rute yang berbeda, dan telah meningkat karena pencarian inovasi yang tiada henti dari para praktisi.
Pemicu pertumbuhan SEO adalah peningkatan tanpa henti bisnis berbasis teknologi seperti ponsel, situs media sosial, dan industri terkait Web lainnya, karena mereka memainkan peran besar dalam metode SEO sebelumnya. Setelah menyebutkan ini, dengan jelas menunjukkan bagaimana SEO bertindak sebagai bisnis yang berpusat pada Internet dan Web.
bahwa apa pun yang terjadi secara positif di Internet akan menguntungkan industri. Selain itu, karena industri menjadi bergantung dan bergantung pada Web, persaingan membengkak karena perusahaan bersaing untuk mendapatkan peringkat, terutama di mesin pencari. Ini memperkuat gagasan bahwa selama industri bergantung pada Web, dan selama mereka mempercayai mesin pencari sebagai alternatif dari periklanan tradisional yang mahal, industri SEO tidak akan pernah gagal untuk meningkat.
Di dalam industri SEO, perusahaan SEO independen dan berskala besar juga bersaing untuk mendapatkan dominasi, bersama dengan pengecer SEO dan klien akhir masing-masing. Pasar SEO yang sehat terus berkembang dan melahirkan banyak sub-industri baru seperti SEO Reselling, SEO web designer, SEO writer. Itu bahkan membuka jalan bagi dimulainya SEO Label Putih yang terus meningkat, Paket Pengecer SEO, dan SEO Label Pribadi.
Dalam hal ini, semua ahli yang meramalkan kematian SEO sekarang berhibernasi di negeri yang jauh, dan beberapa bersembunyi di bawah nama domain palsu untuk menghindari penghujatan yang ditimbulkan sendiri. Selain itu, mereka yang membenci industri karena MLM yang lebih lemah dan bisnis penjualan langsung telah menunjukkan rasa hormat terhadap SEO, dan bahkan telah menunjukkan kesuksesan yang tak terbantahkan dalam industri ini.
Dan sebagai pertanda rendah hati yang tidak pernah mempercayai prediksi tersebut, saya sangat memproklamirkan dominasi SEO hingga, dan selama, World Wide Web ada.