Bukit Kosakora Yogyakarta No ratings yet.

By | July 25, 2019

Pucuk Kosakora populer jadi tempat favourite untuk selfie di barisan anak muda modern yang hobi jalan-jalan. Tangga batuan karst yang curam harus ditaklukkan untuk sampai puncaknya yang memiliki panorama pantai menarik dari ketinggian.Insiden eksokarst Pegunungan Sewu beberapa ratus tahun waktu lalu sisa eksotisme bentang alam di Gunungkidul Jogja. Deretan conical hills diimbangi jalanan naik turun yang saat ini kami lewati mengarah diantaranya wisata di kabupaten benar-benar timur di Jogja ini adalah faktanya. Berkendara 2 jam lamanya kenyataannya tidaklah bisa bawa YogYES sampai ke object wisata arah.

Kami diharuskan trekking sekitar 2 km dengan medan yang cukup melelahkan untuk mengarah object wisata yang namanya popular di barisan anak muda ini.Ladang-ladang warga adalah pemandangan awal yang temani kami di awalannya trekking, sampai kami sampai pada suatu padang rumput yang lumayan luas. Satu mitos tentang tanah yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar jadi cerita di balik papan tertulis larangan membuat bangunan di padang rumput yang disebut Lemah Gahar ini. Trekking bersambung sampai kami sampai di Pantai Ngrumput. Dari pantai pasir putih yang yang ditumbuhi rumput di beberapa sudutnya ini, tempat arah kami sudah terlihat. Cocok di timur pantai dengan bendera jadi tanda-tanda.

Tangga curam dari batuan karst dengan tumbuhan pandan laut (Pandanus odorifer) rimbun di kiri kanannya mengantarkan kami ke Pucuk Kosakora, dataran paling tinggi di bukit yang dahulunya disebut Bukit Ngrumput oleh masyarakat Tanjungsari. Semenjak satu orang traveller yang tidak sengaja bertandang mengatakan Kosakora, ia jadi diva wisata baru yang tidak sudah sempat sepi pengunjung. Pucuk Kosakora adalah hasil insiden eksokarst yang lain di Gunungkidul.

Satu bukit karst yang ada di satu garis dengan deretan pantai-pantai cantik Gunungkidul. Pantai Ngrumput, Pantai Drini, Pantai Watu Kodok, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup bahkan Mercusuar Pantai Baron yang jauh di barat dapat juga terlihat dari bukit yang berketinggian sekitar 50 mdpl ini. Bukit yang dahulunya sunyi itu, saat ini jadi buah bibir sebagian orang yang ingin nikmati keindahan panoramanya atau hanya ingin selfie dengan latar landscape pantai selatan dari ketinggian, seolah selfie di savana Kenawa.

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *