Sedikit Kisah Tentang Tugu Pahlawan Surabaya

Sedikit Kisah Tentang Tugu Pahlawan Surabaya – Masih tetap ingatkah anda mengenai cerita perjuangan arek-arek Surabaya (rakyat Surabaya) melawan Penjajah Belanda? Bung Karno sempat berkata “Jangan sesekali melupakan Sejarah”. Nah, maka dari itu anda yang di Surabaya harus banget untuk berkunjung ke Tugu Pahlawan. Terlebih, nyatanya Tugu Pahlawan yaitu satu diantara saksi bisu dari cerita pertempuran paling besar serta terberat dalam histori revolusi Republik Indonesia.

Histori Tugu Pahlawan

Histori Berdirinya Tugu Pahlawan Surabaya dipelopori oleh peristiwa bersejarah yang berlangsung pada tanggal 10 november 1945. Memangnya apa jalinan Tugu pahlawan dengan perjuangan bangsa Indonesia? Saat itu, Belanda yg tidak mengaku kedaulatan Indonesia jadi negara yang telah merdeka sudah mengibarkan bendera Belanda di Hotel Yamato. Tetapi, ada beberapa pemuda Indonesia naik ke atas hotel itu and merobek warna biru bendera Belanda.

Sesudah insiden itu, disusul dengan memuncaknya pertempuran pada rakyat Indonesia serta Inggris karena satu kesalahpahaman yang menyebabkan terbunuhnya Jendral AWS Mallaby. Pihak Inggris juga pada akhirnya geram pada rakyat Indonesia hingga Mayor Jenderal Eric Carden Mansergh keluarkan ultimatum 10 November 1945. Berisi yaitu agar rakyat Indonesia menyerahkan senjata serta diri dengan ke-2 tangan diatas. Rakyat Indonesia terasa harga dianya sudah terinjak-injak karna ultimatum itu.

Mereka juga menampik dengan argumen Republik Indonesia sudah berdiri dengan sendiri. Karna penolakan itu, jadi pada tanggal 10 November 1945, Inggris lakukan serangan bertaraf besar. Ia mengerahkan sekitaran 30. 000 infanteri berbentuk tank, kapal perang, pesawat terbang serta memborbardir kota Surabaya dengan meriam dari darat serta udara.

Baca :  sewa mobil surabaya

Sedang arek-arek Surabaya melawan mereka cuma dengan senjata bambu runcing. Rakyat Indonesia tetaplah semangat melawan mereka sampai pada akhirnya banyak korban yang berjatuhan. Untuk kembali kenang beberapa rakyat sipil serta pejuang yang sudah jadi korban pada peristiwa itu, jadi tanggal 10 november sudah diputuskan jadi hari pahlawan. Jadi, tersebut jalinan Tugu Pahlawan dengan perjuangan bangsa Indonesia.

Peranan Tugu Pahlawan Surabaya

Mengingat histori yang mempelopori dibangunnya Tugu Pahlawan Surabaya. Tugu Pahlawan tidak cuma jadikan satu diantara obyek wisata belaka. Tetapi, ada faedah yang begitu perlu untuk anak bangsa Indonesia. Dari tugu berikut, orang-orang Surabaya serta Indonesia bisa ketahui begitu sulit serta beratnya perjuangan yang harus ditempuh oleh bangsa Indonesia pada jaman itu untuk peroleh kemerdekaannya.

Object Wisata Tugu Pahlawan

Dimuka pintu masuk ruang Tugu Pahlawan, ada gapura pintu gerbang berupa candi yang menghiasi samping luar Tugu. Lantas didalam lokasi itu, ada satu monumen yang bernama Tugu pahlawan. Tugu itu berupa lingga, lancip ke atas seperti paku yang terbalik. Sisi badannya berupa lengkungan yang sejumlah 10 buah. Lengkungannya memiliki ruas sejumlah 11 buah, tingginya menjangkau 41, 14 mtr. (45 yard) – yang melambangkan 10 November 1945 serta berdiameter 3, 1 yang makin ke atas makin mengecil. Di dekat tugu pahlawan, ada makam pahlawan tanpa ada nama yang diikuti dengan patung perjuangan rakyat.

Baca :

rental mobil surabaya

Di satu diantara sisinya, ada patung Ir. Soekarno yang yaitu presiden pertama Republik Indonesia. Di sampingnya ada juga patung wakilnya, Drs. Moh hatta waktu membaca teks proklamasi diantara pilar-pilar tinggi yang mirip reruntuhan satu bangunan.

Museum 10 November

Didalam lokasi Tugu Pahlawan, ada satu museum yang berupa piramida-piramida kecil. Museum ini menunjukkan beragam koleksi benda-benda histori yang ada hubungannya dengan perjuangan arek-arek Surabaya. Museum ini dibuat dibawah tanah lahan Tugu Pahlawan yang dalamnya menjangkau 7 mtr.. Bangunan ini di kenal dengan sebutan Museum 10 November.

Di Tugu Pahlawan ada juga sebagian sarana yang mempermudah pengunjungnya, seperti taman, mini kafetaria, serta lapangan upacara.

Alamat Tugu Pahlawan

Jam buka monumen Tugu Pahlawan yaitu jam 08. 00 – 14. 30 (senin-jumat), serta 08. 00-13. 30 (sabtu-minggu) dengan harga ticket masuk ke Tugu Pahlawan cuma Rp. 5. 000/orang.

Artikel Terkait :

Tugu Pahlawan ada di lokasi “kota lama”, lebih persisnya terdapat di Jl. Pahlawan, kelurahan Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya, Jawa Timur. Buat kamu yang ada dari luar Surabaya menginginkan berkunjung ke Tugu Pahalawan, anda dapat pergi ke sana dengan memakai beragam maskapai seperti Citilink, Sriwijaya Air, Batik Air, serta Lion Air. anda dapat mengecek harga murahnya di Airpaz. com.

Nah, itu barusan sedikit cerita mengenai Tugu Pahlawan Surabaya. Saat ini giliran anda untuk sedikit katakan momen bersejarah berdirinya Tugu Pahlawan di Jakarta.

Demikianlah artikel Sedikit Kisah Tentang Tugu Pahlawan Surabaya dari blog Seogue SEO Website Terima kasih Pula telah berkunjung dan meluangkan waktunya untuk membaca artikel Web Jasa Seo yang singkat ini yang berjudul “Sedikit Kisah Tentang Tugu Pahlawan Surabaya”. Semoga informasi Dari Web Jasa Seo dan Pakar Seo Ahli SEO yang terkandung di dalamnya dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2018 Seo-gue.my.id - Jasa SEO Master dan Ahli Pakar SEO Murah Powered By Jasa SEO Frontier Theme